Contoh Cerita Teks Eksemplum dan Pengertian Lengkap Dengan Strukturnya

Text Eksemplum – Teks eksemplum merupakan sebuah jenis teks yang berfokus pada pengalaman yang memuat dan menceritakan perilaku karakter serta tokoh yang ada dalam cerita serta diawal dengan perkenalan para tokoh terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak sekali contoh teks eksemplum cerita rakyat singkat yang beredar dan biasanya berdasarkan pengalaman seseorang. Contoh teks eksemplum beserta strukturnya sendiri biasa kita jumpai saat duduk di bangku sekolah khususnya SMA sederajat.

Pada pelajaran bahasa Indonesia kita akan menjumpai pembahasan tentang teks eksemplum. Tetapi, apa pengertian dari teks eksemplum? Bagaimana cara membuat teks ini? Mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum paham tentang apa itu teks eksemplum. Maka dari itu, kami disini akan membahas tentang teks eksemplum secara lengkap dan jelas.

Secara garis besar teks eksemplum sangat berhubungan dengan pengalaman hidup. Setiap orang tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda, entah itu dilakukan secara sengaja ataupun tidak sengaja. Nah, untuk bisa mengungkapkan pengalaman ini kita bisa membuat teks eksemplum.

Sebenarnya contoh teks eksemplum sangat mudah sekali untuk dibuat. Kita tidak perlu browsing dan mencari referensi dari orang lain karena kita bisa membuat contoh teks eksemplum sendiri berdasarkan pengalaman pribadi masing-masing. Tetapi dalam memberikan cerita eksemplum ini kta harus lebih memfokuskan pada watak dan sifat dari masing-masing karakter yang ada pada cerita.

Untuk mempermudah anda dalam mempelajari contoh teks eksemplum maka anda anda harus mengetahui unsur-unsur, pengertian, dan struktur teks eksemplum itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan sebuah teks yang menceritakan tentang suatu pengalaman yang didalamnya terdapat perilaku dari seorang tokoh cerita yang diawali dengan perkenalan dan pengalaman apa yang sudah dialami tokoh tersebut kemudian diakhiri oleh pemahaman didalam diri suatu tokoh cerita terhadap apa yang sudah dialaminya. Teks eksemplum memang sangat berhubungan dengan pengalaman hidup. Di dalam pengalaman yang telah dialami oleh tokoh cerita tersebut, didalamnya terdapat hikmah yang bisa kita ambil. Pengalaman ini terjadi supaya suatu hari nanti kita tidak akan melakukan hal yang sama sehingga hal tersebut tidak bisa terulang lagi.

Teks Eksemplum mempunyai ciri-ciri serta struktur pembangun. Ciri-ciri teks eksmplum yaitu suatu peristiwa dalam teks eksemplum terjadi oleh keinginan seorang tokoh tersebut yang dialami secara sengaja ataupun tidak sengaja, teks ini bersifat naratif atau menjelaskan suatu kejadian, teks in berisi tentang sebuah pengalaman hidup, pada teks eksemplum tokoh tersebut mempunyai sifat untuk tidak melakukan tindakan yang sama dan tokoh mengalami perubahan perilaku, didalam teks ini juga terdapat alur peristiwa yang jelas dan urut. Menggunakan unsur kebahasaan yang terdiri dari kata rujukan, kata konjungs, kata kerja dan kalimatnya harus kompleks. Di dalamnya juga harus memiliki karakteristik tokoh yang mempunyai penyesalan dalam diri seorang tokoh tersebut, kejadian yang dialami oleh tokoh tersebut jarang terjadi, adanya hikmah atau nilai nila yang terdapat dalam teks eksemplum, dan adanya pemahaman atau interpretasi dan koda dalam suatu kejadian.

Struktur Teks Eksemplum

Dalam menyusun teks eksemplum terdapat struktur-struktur yang harus diapahami terlebih dahulu, diantaranya :

  • Abstrak

Penggambaran tentang suatu tokoh yang mengalami sebuah peristwa yang akan diceritakan. Abstrak merupakan pengantar dari sebuah cerita.

  • Orientasi

Orientasi merupakan pengenalan tokoh yang mengalami suatu kejadian. Pada bagian berisi latar, waktu, dan tempat yang akan terjadi. Latar tersebut yang akan memberikan memberikan kesan watak entah itu secara psikis ataupun fisik.

  • Insiden

Pada bagian ini berisi tentang sebuah peristiwa yang terjadi pada seorang tokoh dan menyebabkan suatu persoalan yang terjadi pada tokoh tersebut. Umumnya terdapat sebab akibat dari suatu kejadian.

  • Interpretasi

Pada bagian berisi tentang makna dari suatu peristiwa yang sudah dialami tokoh tersebut, dan memberi hikmah terhadap perilaku tokoh supaya peristiwa tersebut tidak akan terulang kembali.

  • Koda

Koda adalah bagian penutup dari sebuah cerita.

Contoh Cerita Teks Eksemplum

Untuk lebih mempermudah anda dalam memahami apa itu teks eksemplum, materi belaja ni akan memberikan contoh dari teks tersebut.

Contoh teks eksemplum tentang cerita rakyat

Katak yang Angkuh

Orientasi

Didalam suatu kolam terdapat seekor katak yang bernama Iko. Iko mempunyai sifat yang sangat angkuh. Keangkuhan dalam dirinya dikarenakan oleh pemahaman bahwa dalam dirinya selalu benar dan selalu berada pada bagian teratas jika dibandingkan dengan teman-temannya. Iko tinggal dengan keluarga dan juga teman-temannya. Namun kini Iko lebih memilih untuk menyendiri dan tidak mau tinggal dengan yang lainnya.

Insiden

Pada suatu hari, teman-teman Iko sedang membuat sebuah tempat untuk menarik perhatian katak-katak betina. Mereka membuat tempat dengan menggunakan rumput-rumput alami yang terdapat di sekitar kolam. Tempat tersebut dibuat senyaman dan secantik mungkin untuk dapat menarik perhatian kakak-kakak betina. Iko pun kemudian juga membuat tempatnya sendiri. Akan tetapi, Iko membuat sarangnya dari bebagai jenis bunga supaya tempatnya lebih menarik dibandingkan milik teman-temannya. Tempat Iko ini terbuat dari beraneka macam jenis tanaman bunga yang mempunyai banyak warna.

Iko membuat tempatnya tanpa mempertimbangkan kenyamanan nantinya. Selain iko, ada juga binatang lainyya seperti ikan yang sedang menghasi tempat tinggalnya. Ikan tersebut bernama Oki. Oki dikenal sebagai iklan yang sangat dermawan dan baik hati. Apabila ada binatang lain di sekitar kolam yang sedang memerlukan bantuan maka Oki akan membantunya. Sifat Oki tentunya jauh berbeda dengan sifat Iko. Iko pun mengejek tempat yang dibuat oleh Oki. “Hei Ok ! lihatlah tempat yang telah kau buat, sangat tidak menarik dan bahkan seperti tumpukan sampah. Lihatlah tempat yang aku buat ini terlihat indah bagaikan istana pelangi….” Oki hanya terdiam dan tersenyum. Oki berkata “Wahai Iko lihatlah tempat yang sudah kau buat itu. Meskipun nampak cantik tapi sebaiknya kamu menggunakan rumput alami di sekitar kolam supaya lebih nyaman untuk ditempati.” Iko pun tetap meneruskan untuk membuat tempatnya, tanpa memperdulikan saran dari Oki.

Setelah beberapa jam, kemudian pembuatan tempat tersebut sudah selesai. Setelah itu, datanglah katak-katak betina yang akan diambil hatinya oleh katak-katak jantan. Katak-katak betina itu pun langsung mengahampiri katak jantan lainya. Akan tetapi, tidak ada satupun katak betina yang menghampiri Iko. Meskipun tempat iko terlihat sangat cantik namun tidak nyaman untuk ditempati. Iko pun sendirian dan nampak sedih karena tidak ada satupun teman ataupun katak betina yang menghampiri dan menemaninya. Lalu Oki datang dan menyapa Iko. Oki menawarkan kepada Iko untuk menjadi temannya. Iko pun menjadi sadar atas apa yang telah diperbuatnya. Sejak saat itu Iko tidak angkuh lagi dan berubah menjadi lebih ramah terhadap orang disekitarnya. Setelah itu, Iko tempatnya lagi dari rumput alami di sekitar kolam.

Interpretasi

Semenjak kejadian itu, Iko merubah sikapnya menjadi lebih baik. Iko pun kini enjadi sosok yang ramah kepada teman-temannya. Sebab, sebagai mahkluk sosial tentu kita akan saling membutuhkan antara satu sama lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang contoh cerita teks eksemplum di blog ContohTulisan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang sedang mencari contoh teks cerita eksemplum sehingga bisa dijadikan sebagai referensi.