Inilah Ekosistem Yang Harus Kita Jaga

Di Bumi yang luar biasa, tinggal Aneka warna makhluk hidup didalamnya. Ada Pemeluk hewan, Pohon dan semua hidup di habitatnya masing-masing. Semua makhluk hidup saling Butuh dan berinteraksi sesuai dengan kepentingan dan fungsinya masing-masing.

Dalam kehidupan ini ada hubungan timbal balik rekahan Insan Tanaman dan tempat tumbuhnya. Hubungan atau hubungan celah makhluk hidup dengan lingkungannya yang mengarang suatu sistem ekologi inilah yang dinamakan dengan ekosistem.

Baca : ekosistem adalah

1. Hutan hujan tropis yang menjadi nasihat khas
Macam-macam ekosistem di Indonesia yang pertama yaitu hutan hujan tropis. Dilintasi garis khatulistiwa melangsungkan Indonesia menjadi salah satu negara yang dianugerahi hutan hujan tropis yang subur. Bukan sebatas flora, faunanya pun pun Berbagai rupa Itulah sebabnya Indonesia kerap menjadi sentra biodiversitas Jurusan Salah satu buktinya bisa dilihat dengan banyaknya ekowisata yang belakangan mulai ramai dijadikan destinasi cuti Idola Terkecuali punya pemandangan yang Manis keindahan ekowisata ini bahkan punya citarasa berpangkat Bagian Hutan hujan banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan dan Papua.

2. Hutan sabana yang membentang
Macam-macam ekosistem di Indonesia yang kedua yakni hutan sabana. Hutan yakni daerah yang ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan-tumbuhan Yang lain Hutan adalah faktor genting dari ekosistem. Tidak hanya berfungsi semampang paru-paru jurusan yang melakukan persediaan air dan oksigen, hutan pun menjadi habitat bagi flora dan fauna.

Hutan sabana terletak pada lingkungan yang beriklim tropis. Di Indonesia hutan sabana terpendam di Nusa Tenggara Timur dan Papua. Ekosistem ini didominasi oleh rumput dengan semak-semak akasia. Curah hujan yang ada di sabana berkisar jarak 95 hingga 150 centimeter per tahun. Cara hewan yang hidup di sabana celah lain gajah, kuda, raja hutan Titik Raja hutan atau jenis- corak hewan pengerat.

3. Pergunungan yang menjulang
Macam-macam ekosistem di Indonesia yang ke3 ialah pergunugan. Ekosistem pegunungan di Indonesia yakni kawasan yang memiliki individualitas yang Khusus ditandai oleh ketinggian dari permukaan laut (dpl) yang besar, mengunjukkan temperatur yang sejuk, lereng yang curam, curah hujan yang relatif tinggi, dan rawan batu sandungan teristimewa longsor dan letusan gunungapi.

Separuh besar kawasan pegunungan memiliki ekosistem yang unik dan seterusnya dikonservasikan dalam berbagai bentuk kawasan lindung seperti Taman Nasional, Hutan Lindung, dan Kawasan Rawan Bahaya serta kawasan hulu Negara Persebaran Batang air (DAS).

4. Laut yang luas
Macam-macam ekosistem di Indonesia yang keempat yaitu laut. Garis pantai di Indonesia yang begitu panjang membutuhkan sinaran khusus bakal kesinambungan ekosistem laut dan pantai. Bapak jokowi Joko Widodo telah mengesahkan Amanat Sang penguasa (Perpres) Nomor 85 Tahun 2015 tentang Komite Nasional Prakarsa Segitiga Karang Untuk Terumbu Karang, Perikanan, dan Kekukuhan Pangan atau dinamakan Komite Nasional CTI-CFF Indonesia.

This entry was posted in Makalah and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *